Beranda | Artikel
Tafsir Ali Imran Ayat 69 Ahlul Kitab Ingin Menyesatkan Kaum Muslimin
Rabu, 4 Januari 2023

Bersama Pemateri :
Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi

Tafsir Ali Imran Ayat 69 – Ahlul Kitab Ingin Menyesatkan Kaum Muslimin adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan Ayat-Ayat Ahkam. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Abu Ya’la Kurnaedi, Lc. pada Kamis, 5 Jumadil Akhir 1444 H / 29 Desember 2022 M.

Tafsir Ali Imran Ayat 69 – Ahlul Kitab Ingin Menyesatkan Kaum Muslimin

وَدَّتْ طَائِفَةٌ مِنْ أَهْلِ الْكِتَابِ لَوْ يُضِلُّونَكُمْ وَمَا يُضِلُّونَ إِلَّا أَنْفُسَهُمْ وَمَا يَشْعُرُونَ

“Segelongan dari ahli kitab ingin sekali menyesatkan kalian, dan tidaklah mereka menyesatkan melainkan menyesatkan diri mereka sendiri, dan mereka tidak menyadari akan hal itu.” (QS. Ali ‘Imran[3]: 69)

Ayat yang mulia ini menjelaskan tentang permusuhan ahlul kitab terhadap kaum muslimin, dimana mereka ingin sekali menyesatkan kaum muslimin.

Ayat ini memberikan peringatan kepada kita dari ahlul kitab. Ahlul kitab berusaha terus menghalangi kaum muslimin dari agama mereka. Mereka seperti orang-orang musyrikin. Baik ahlul kitab atau kaum musyrikin ingin kaum muslimin masuk pada kesesatan. Hal ini sebagaimana Allah kabarkan dalam surah An-Nisa:

وَدُّوا لَوْ تَكْفُرُونَ كَمَا كَفَرُوا فَتَكُونُونَ سَوَاءً…

“Mereka ingin kalian itu menjadi kafir, sebagaimana mereka kafir, sehingga kedudukan kalian bersama mereka itu sama.” (QS. An-Nisa`[4]: 89)

Semua orang musyrik, orang yang menyimpang, orang yang mengklaim bahwa ia memiliki kitab, mereka menginginkan agar orang Islam itu menjadi sesat setelah mendapatkan hidayah dan keimanan. Kalau perkaranya seperti itu, maka wajib bagi kita untuk hati-hati dari mereka dan meyakini bahwa mereka adalah musuh. Mereka ingin menghabisi agama kita dalam waktu yang cepat.

Sedangkan orang yang zalim akan dibalas sesuai dengan kezalimannya. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: “Mereka tidak menyesatkan melainkan menyesatkan diri mereka sendiri.”

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52586-tafsir-ali-imran-ayat-69-ahlul-kitab-ingin-menyesatkan-kaum-muslimin/